Loket PLN – SMS

PETUNJUK TEKNIS LAYANAN SMS PAYMENT

Layanan SMS PAYMENT  adalah suatu layanan pembayaran/pembelian produk PLN dengan menggunakan media SMS.  Jenis layanan yang dapat dilakukan melalui SMS PAYMENT  terdiri dari :

  1. Pembayaran tagihan rekening listrik (Postpaid) ( wilayah Jawa Bali, Lampung, Kaltim, Kalsel, NTB).
  2. Pembelian Token untuk Listrik prabayar (Prepaid) (wilayah Jawa Bali, Lampung, Kaltim, Kalsel, NTB).
  3. Pembayaran Non Tagihan Listrik seperti  tambah daya, pasang baru dan lain-lain (Wilayah Jawa Barat).

Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menjalankan layanan SMS PAYMENT  adalah sebagai berikut :

I.    Registrasi

Setiap orang atau lembaga yang akan memanfaatkan layanan SMS Payment di haruskan untuk melakukan registrasi. Selain untuk proses administrasi, registrasi dilakukan untuk membatasi  kiriman sms dari user yang tidak terdaftar, hal ini dilakukan untuk mereduksi biaya pengiriman sms dan menjaga performance sistem.

Registrasi dapat dilakukan dengan cara :

  1. Mengisi formulir registrasi, formulir registrasi dapat diperoleh di tempat yang telah ditetapkan.
  2. Menyerahkan photo copy tanda pengenal (KTP / SIM)
  3. Menyetorkan deposit untuk melakukan transaksi

Setelah registrasi di setujui maka pelanggan akan mendapatkan user id dan password untuk melakukan transaksi melalui SMS PAYMENT.

Registrasi di lakukan ke : email : jokoblitar@gmail.com  atau sms/phone : 03427712051

II.   Deposit

Deposit adalah Dana yang harus disetorkan oleh pelanggan ke rekening  PT. Teknologi Cipta Raya  pada Bank NISP, Bank Mandiri  dan Bank BRI  . Jumlah deposit tidak dibatasi, dapat disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan penyetor.

III. Perangkat

Perangkat yang diperlukan untuk menjalankan SMS PAYMENT  adalah  handphone dengan sim card GSM ataupun CDMA yg dapat digunakan utk mengirim dan menerima sms.

IV.  SMS Center

Nomor yg digunakan sebagai tujuan sms adalah 0857-19.xx.xx.xx

V. Format Message Kirim

1.  Untuk  pembayaran tagihan rekening listrik (Pln Postpaid ) format message yang harus di   tuliskan adalah sbb :

-          Inquery tagihan : inqpln1.idpelanggan.password

Contoh : inqpln1.53567907036.1111

-          Payment tagihan : paypln1. Idpelanggan.password.no hp pelanggan

Contoh : paypln1.53567907036-1111.08122108650

2.   Untuk  pembayaran non Tagihan listrik (Pln Nontaglis) format message yang harus di  tuliskan adalah sbb

-          Inquery tagihan : inqpln2.no registrasi.password

Contoh : inqpln2.80532011314920072010.1111

-          Payment tagihan : paypln2.no registrasi.password.no hp pelanggan

Contoh : paypln2.80532011314920072010.1111.08122108650

3.  Untuk  pembelian  Token  (Pln Prepaid ) format message yang harus di   tuliskan adalah sbb :

-          Inquery tagihan : inqpln3.nomor meter/idpelanggan.rupiah bayar.password

Contoh : inqpln3.01328429327.20000.1111

-          Payment tagihan : paypln3. nomor meter/idpelanggan.rupiah bayar.password.no hp pelanggan

Contoh : paypln3.01328429327.1111.20000.08122108650

VI.   Advice/cek status

Adalah sms permintaan informasi mengenai  status pembayaran rekening  tagihan listrik maupun non tagihan listrik , serta status pembelian token. Advice dapat dilakukan oleh pelanggan maupun petugas putus sambung.

Advice dapat dilakukan dengan format message  sbb :

-          Cek status pembelian token                    : cekpln3.<no.meter>.<denom>.<pin>

contoh : cekpln3.01328429327.20000.1111

-          Cek status pembayaran tagihan            : cekpln1.<idpel>.<pin>

Contoh : cekpln1. 53567907036.1111

-          Cek status pembayaran non tagihan    : cekpln2.<no.registrasi>.<pin>

Contoh : cekpln2. 80532011314920072010.1111

VII.  Cek Saldo

Untuk mengetahui jumlah saldo deposit, dapat dilakukan dengan menggunakan format sms sbb :

Ceksaldo.<pin pengirim>

Contoh : ceksaldo.1111

VIII.   Pencetakan Struk (Tanda Terima)

Dilakukan cetak / tulis manual seperti contoh berikut :

Contoh Format SMS diterima :


Dari Format di atas dapat di Forward/Alihkan lewat sms ke HP Pelanggan, atau di salin ke Struk Manual seperti
contoh di bawah ini :


(Sedang Dalam Proses! : Jika diperlukan fisik struk untuk pembayaran maupun pembalian produk PLN yang dilakukan melalui SMS PAYMENT, pelanggan bisa mendapatkan struk tersebut di agen Tektaya terdekat dengan menginformasikan Id pelanggan untuk pembayaran tagihan listrik, nomor meter/idpelanggan untuk pembelian Token (Listrik Pra Bayar) dan nomor registrasi untuk pembayaran non tagihan listrik. Sesuai dengan ketentuan dari PLN, pencetakan struk hanya dapat dilakukan pada hari yang sama dengan pembayaran.)

Download contoh struk (BANK OCBC NISP struk sms)

IX.  Layanan Komplain

Jika terjadi masalah terkait dengan pembayaran maupun pembelian produk PLN melalui SMS PAYMENT maka pelanggan dapat mengajukan komplain kepada  PT. Teknologi Cipta melalui telpon maupun sms ke Nomor  : 02276434383, atau melalui email ke cs @tektaya.com, cstektaya @gmail.com.

6 Responses to "Loket PLN – SMS"

  • ubay says:
  • jokoblitar says:
  • Puthut says:
  • anggoro says:
  • admin says:
  • jokoblitar says:
Leave a Comment

Spam protection by WP Captcha-Free

Switch to our mobile site